Waktu Sahur Puasa Ramadhan di Ajaran Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Waktu Sahur Puasa di Bulan Ramadhan – Ulasan mengenai Sahur di Bulan Ramadhan merupakan salah satu perkara Sunnah yg bisa kalian lakukan sebagai seorang Muslim baik itu Muslim Laki – Laki maupun Muslim Perempuan karena untuk Hukum Mengerjakan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan sendiri tentunya Sunnah dan maksud dari Hukum Sahur Puasa Ramadhan yang Sunnah ini adalah dibolehkan untuk melakukan aktivitas Makan Sahur di Bulan Ramadhan sehingga mereka akan mendapatkan Pahala Sunnah Makan Sahur dan memperoleh Manfaat Makan Sahur bagi setiap Muslim yang melakukan aktivitas Makan Sahur di Bulan Ramadhan, namun mereka (Muslim) tidak akan mendapatkan Dosa bagi setiap Muslim yang meninggalkan atau tidak melakukan aktivitas Sahur Ramadhan karena di dlm Hukum Makan Sahur hanya bersifat Sunnah bukan Wajib.

Oleh karena itu jika terdapat pertanyaan apakah Hukum Mengerjakan Puasa Ramadhan yang sebelumnya tidak melakukan Makan Sahur atau Bolehkan Berpuasa Ramadhan jika tidak melakukan Makan Sahur ataupun Sah atau Tidak Sah Puasa Ramadhan jika tidak Bersahur Puasa terlebih dahulu ?. Untuk jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut adalah Puasa Wajib di Bulan Ramadhan yg dikerjakan tanpa melakukan Makan Sahur terlebih dahulu maka Puasa Ramadhan yang dikerjakan oleh kalian semua masih tetap Sah atau tidak batal karena Sahur bukan termasuk kedalam Syarat Sah Puasa Ramadhan dan sekali lagi Hukum Sahur sendiri adalah Sunnah atau boleh dilakukan dan boleh tidak dilakukan. Hanya saja untuk Perintah Melakukan Makan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan sendiri telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam sabdanya yg berbunyi, ” Makan Sahur lah kalian karena didalam makan sahur tersebut telah terdapat keberkahan (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Sedangkan didalam Keutamaan Sahur Puasa Ramadhan yg bisa didapatkan bagi setiap Muslim yang melakukannya antara lain akan mendapatkan Pahala Sunnah Makan Sahur dan kalian juga telah diperintahkan langsung oleh Nabi Muhammad Saw didalam Hadist Bukhari dan Muslim diatas untuk Bersahur Puasa di Bulan Ramadhan dan didalam Keutamaan Makan Sahur Puasa selanjutnya terdapat keberkahan didalam Makanan ataupun Minuman yang kalian makan dan minum saat melakukan Sahur Puasa yang bisa kalian dapatkan. Keistimewaan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan selanjutnya sebagai pembeda dengan Puasa kaum Yahudi maupun Nasrani karena didalam Puasa kaum Nasrani dan Yahudi tidak ada Sahur Puasa, serta Manfaat Makan Sahur bagi Kesehatan Manusia bisa menambah kuat keadaaan Fisik seseorang yang akan menjalankan Puasa Ramadhan daripada tidak melakukan Makan Sahur terlebih dahulu.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Waktu Sahur Puasa Ramadhan Terbaik di Ajaran Islam

waktu sahur

Sebelum membahas lebih detail mengenai Waktu Bersahur Puasa di Bulan Ramadhan, ada baiknya jika kalian mengetahui Pengertian Sahur Puasa Ramadhan itu sendiri karena untuk Pengertian Sahur Puasa Ramadhan merupakan aktivitas makan atau minum dengan takaran banyak maupun sedikit yg bisa dilakukan oleh setiap Muslim di Bulan Ramadhan dan tepatnya selama Tiga Puluh Hari atau Sebulan Penuh di Bulan Ramadhan karena Puasa Wajib di Bulan Ramadhan juga dilakukan selama Sebulan Penuh atau Tiga Puluh Hari pada Bulan Ramadhan, hanya saja sekali lagi Sahur Puasa bisa dilakukan dan boleh tidak dilakukan oleh setiap Muslim yang akan mengerjakan Puasa Ramadhan karena Sahur Puasa Ramadhan Sunnah hukumnya.

Waktu Makan Sahur Puasa Ramadhan

Kemudian didalam Waktu Melakukan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan pada dasarnya dapat dilakukan oleh setiap Muslim dimalam hari atau lebih tepatnya di tengah malam sekitar jam 02.00 malam sampai sebelum terbitnya Fajar (Masuk Waktu Imsak) karena ketika Waktu Imsak telah tiba kita sebagai seorang Muslim sudah tidak bisa memakan ataupun meminum apapun karena sudah diwajibkan untuk mengerjakan Puasa Ramadhan dari Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari (Waktu Berbuka Puasa). Untuk Waktu Mengerjakan Sahur Puasa sendiri tlah dijelaskan dlm Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 187 yg berbunyi, ” Dan makan minumlah hingga terang bagi mu benang putih dari benang hitam yaitu Fajar. Kemudian sempurnakan lah Puasa itu sampai datangnya Malam (QS. Al Baqarah Ayat 187) ”.

Untuk Waktu Sahur Puasa Bulan Ramadhan yang paling utama atau yang terbaik ialah setidaknya 30 Menit sampai 45 Menit sebelum terbitnya Fajar (Masuk Waktu Imsak) karena dalam hal ini seperti dijelaskan didalam Hadist Bukhari dan Muslim, dari Zaid bin Tsabit Ra berkata, ‘ kami pernah makan sahur bersama Nabi Muhammad Saw kemudian beliau (Nabi) berdiri melakukan Shalat. Lalu aku (Zaid bin Tsabit) bertanya, ‘ Berapa lama jarak antara Adzan dan Sahur ?. Lalu Nabi Muhammad Saw menjawab, ” Jaraknya sekadar membaca 50 Ayat (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Sedangkan membaca 50 Ayat jika dibacakan secara sedang, tidak terlalu cepat dan tidak pula dibacakan dengan lambat maka jarak antara Waktu Masuk Shalat Subuh dengan Waktu Imsak sangatlah dekat bisa dikatakan sekitar 30 Menit ataupun 45 Menit.

Oleh sebab itu kesimpulan dari Waktu Sahur Puasa Ramadhan terbaik atau paling utama yang bisa kalian lakukan ialah sekitar 30 Menit sampai 45 Menit sebelum masuk waktu imsak (terbitnya fajar) karena selain mengikuti Sunnah Nabi Muhammad Saw, Waktu Makan Sahur terbaik tersebut sangat berguna sekali karena sangat berdekatan dengan masuk Waktu Shalat Subuh sehingga kalian bisa langsung mengerjakan Shalat Wajib Subuh setelah melakukan aktivitas Sahur. Namun perlu kalian ketahui bahwa Makan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan pun boleh dilakukan ditengah hari atau dini hari sampai sebelum masuknya waktu imsak, tidak harus dilakukan di Waktu Sahur Paling Utama.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Waktu Sahur Puasa Ramadhan di Ajaran Islam | muhammad sakti | 4.5