Waktu dan Tanda Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Tanda Malam Lailatul Qadar – Pembahasan dan juga Pengertian Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan adalah salah satu malam paling istimewa, paling utama, paling mulia dan satu malam terbaik dari seribu Bulan sekaligus yg ada didalam Bulan Ramadhan (Kalender Hijriah) yg bisa didapatkan atau diperoleh oleh setiap Muslim yang tlah dipilih oleh Alloh Swt sehingga sudah sangat sepantasnya kita sebagai seorang Muslim untuk selalu berusaha mendapatkan dan berikhtiar untuk memperoleh dan mendapatkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan yg merupakan satu malam istimewa dan terbaik dari seribu bulan.

Untuk Keutamaan Lailatul Qadar sendiri telah banyak dijelaskan di dlm Al Qur’an seperti didalam Surat Ad Dukhan Ayat 3 – 5 yg mempunyai artian dlm Bahasa Indonesia ” Sesungguhnya kami tlah menurunkan Al Qur’an pd suatu Malam dan sesungguhnya kami lah yg memberi peringatan. Pd malam itu tlah dijelaskan semua urusan yang penuh atau banyak hikmahnya yaitu urusan yg besar disisi kami (QS. Ad Dukhan Ayat : 3 – 5) ”. Lalu Keistimewaan Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan selanjutnya dijelaskan di dlm Al Qur’an Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 yg berbunyi, ” (1) Sesungguhnya kami tlah mengirimkan yg demikian (Al Qur’an) di Malam Kemuliaan, (2) Dan tahukah km apa itu malam kemuliaan ?, (3) Malam Kemuliaan itu lebih baik dibanding Seribu Bulan, (4) Pada malm kemuliaan itu turun Malaikat2 dan Malaikat Jibril dg Ijin Alloh Swt untuk mengatur segala urusan, (5) Malam itu banyak kesejahteraan sampai terbitnya Fajar (QS. Al Qadr, Ayat : 1 – 5) ”.

Kemudian untuk Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yg disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw bagi setiap Muslim yg sudah dijelaskan didalam Hadist Shahih Bukhari dan Muslim yg berbunyi, ” Barangsiapa yg beribadah pd Malam Lailatul Qadar, niscaya akan diampuni dosa – dosa yg lalu (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Dan didalam Lailatul Qadar sangat dianjurkan untuk memperbanyak Amal Ibadah yg sekurang – kurangnya mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu secara berjamaah setiap harinya karena didalam Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan banyak Keberkahan, Kemuliaan dan Pahala yg bisa didapatkan oleh setiap Muslim. Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa, ” Barangsiapa mengerjakan Shalat Maghrib dan Shalat Isya secara berjamaah sehingga habis Bulan Ramadhan maka sungguh dia tlah memperoleh bagian yg banyak dari Lailatul Qadar (HR. Imam Baihaqy) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Waktu Malam Lailatul Qadar dan Tanda Malam Lailatul Qadar

tanda malam lailatul qadar

Sedangkan Waktu Lailatul Qadar itu sendiri datangnya di Bulan Ramadhan, tetapi tidak ada yang mengetahui secara pasti dan tepat Malam Lailatul Qadar itu kapan karena hal tersebut kuasa Alloh Swt, tetapi perlu kalian ketahui bahwa Nabi Muhammad Saw tlah menjelaskan tentang ciri – ciri Waktu Datangnya Malam Lailatul Qadar yg tlah dijelaskan didalam Hadist Shahih Bukhari dan Muslim bahwa dari Aisyah Ra mengatakan, ” Nabi Muhammad Saw beri’tikaf di 10 (Sepuluh) Hari terakhir Bulan Ramadhan dan Nabi Muhammad Saw bersabda yg berbunyi, ” carilah Malam Lailatul Qadar di Malam Ganjil pada 10 (Sepuluh) hari terakhir Bulan Ramadhan (Hadist Riwayat Bukhari no 4/225 dan Muslim no 1169) ”. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa Waktu Datangnya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan yg tlah disampaikan oleh Sabda Nabi Muhammad Saw didalam Hadist Shahih Bukhari Muslim diatas ialah Malam Ganjil di Sepuluh Hari Terakhir di Bulan Ramadhan.

Tanda – Tanda Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Adapun didalam Tanda – Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar yang akan kami jelaskan disini merupakan Tanda Lailatul Qadar yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw menurut Sabdanya yg dijelaskan didalam Hadist Shahih seperti terbitnya Matahari cahaya nya lembut sejak Pagi hari, Cerah dan Sinar Matahari tak begitu menyengat dari Siang hingga terbitnya Besok Pagi. Dari Ubay Bin Ka’ab Ra bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda berbunyi, ” Keesokan Hari Malam Lailatul Qadar itu Matahari Terbit hingga tinggi tanpa Sinar yg Terang (Hadist Riwayat Muslim) ”.

Kemudian untuk Tanda Malam Lailatul Qadar selanjutnya ialah Udaranya Sejuk dan Tenang. Dari Abbas Ra mengatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda berbunyi, ” Lailatul Qadar ialah Malam Tenang dan Tentram, tidak terlalu Panas dan tidak terlalu dingin pula. Diesok Paginya Sang Matahari terbit dg Sinar nya yang Lemah berwarna Merah (Hadist Riwayat Hasan) ”. Lalu Tanda Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan selanjutnya adalah kemunculan Bulan yang menampakan diri dengan Separuh dan Abu Hurairah Ra pernah mengatakan bahwa Kami pernah berbicara mengenai Lailatul Qadar dan Nabi Muhammad Saw berkata bahwa, ” Siapakah dari kalian yg masih ingat tatkala Bulan muncul yg berukuran separuh nampan (Hadist Riwayat Muslim) ”.

Oleh karena itu sdh dpt ditarik kesimpulan didlm Waktu Malam Lailatul Qadar dan Tanda – Tanda Tibanya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan sudah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yang tlah diutarakan oleh Hadist Hadist Shahih yg sudah saya tuliskan diatas, sehingga kalian sebagai seorang Muslim tinggal berusaha dan berikhtiar untuk mendapatkan satu malam teristimewa dan terbaik di Bulan Ramadhan (Malam Lailatul Qadar) dg cara semakin mendekatkan diri kepada Alloh Swt dan menunaikan Shalat Fardhu 5 Waktu secara Berjamaah, Berpuasa di Bulan Ramadhan, melakukan Shalat Sunnah Lailatul Qadar, melaksanakan Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Witir, Shalat Istikharah, Shalat Taubat dan Shalat Sunnah Tarawih serta melakukan Ibadah atau Amalan lainnya yg lebih giat dan banyak di Bulan Ramadhan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Waktu dan Tanda Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan | muhammad sakti | 4.5