Rukun, Syarat Wajib dan Syarat Sah Shalat Wajib di Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pembahasan mengenai Syarat Wajib dan Syarat Sah Shalat Wajib di dalam Ajaran Islam merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting dan harus dipelajari dan dipahami oleh kalian semua sebagai seorang Muslim karena hal ini sangat mempengaruhi sekali akan khualitas Sholat Wajib dan berpengaruh sekali akan sah atau tidaknya Sholat Wajib yang akan dikerjakan oleh kita dan jika kalian sebagai seorang hamba Muslim yg sudah termasuk kedalam Syarat Wajib Mengerjakan Sholat Wajib dan Syarat Sah Mengerjakan Shalat Fardhu maka Sholat Wajib yang dikerjakan oleh kalian akan Sah dan akan memperoleh Pahala serta akan mendapatkan Keutamaan Mengerjakan Sholat Wajib karena kalian telah melaksanakan atau menunaikan apa yg sdh menjadi kewajibkan anda semua sebagai hamba Muslim atau umat islam.

Hal tersebut dikarenakan Hukum Mengerjakan Sholat Fardhu bagi Muslim ialah Fardhu Ain yg memiliki atau mempunyai penjelasan Wajib dikerjakan oleh setiap Muslim baik itu Muslim Pria dan Muslimah Wanita yg telah masuk kedalam Syarat Wajib dan Syarat Sah Mengerjakan Shalat sehingga akan mendapatkan Pahala bagi setiap Muslim yang mengerjakan Sholat Wajib dan akan mendapatkan Dosa Besar bagi setiap Muslim yang tidak mengerjakan atau meninggalkan Sholat Wajib setiap harinya. Adapun didalam Sholat Wajib atau Sholat Fardhu itu sendiri terdiri dari Lima Shalat Wajib yang harus dilakukan atau dikerjakan oleh setiap Muslim yang antara lain Shalat Subuh Dua Rakaat, Shalat Dzuhur Empat Rakaat, Shalat Ashar Empat Rakaat, Shalat Maghrib Tiga Rakaat dan Shalat Isya Empat Rakaat yang masing – masing wajib di tunaikan atau di kerjakan setiap hari dimasing – masing waktu oleh setiap umat muslim disemua belahan dunia.

Lalu didalam Perintah Melaksanakan Sholat Fardhu Lima Waktu sudah banyak diterangkan didalam Al Qur’an bahwa Alloh Swt tlah memerintahkan kepada seluruh Umat Muslim untuk selalu mengerjakan Sholat Fardhu dan didalam Surat Al Baqarah Ayat 43 tlah dijelaskan untuk mengerjakan sholat wajib yg berbunyi, ” Dan dirikanlah (kerjakan) Sholat dan keluarkanlah (membayar) Zakat dan Rukulah bersama – sama orang2 yg pada ruku (QS. Al Baqarah, Ayat 43) ”. Lalu Nabi Muhammad Saw juga tlah bersabda didlm Hadist Shahih Abu Dawud yg berbunyi, ” Perintahkan anak2mu untuk menunaikan Sholat diwaktu usia mereka meningkat 7 (Tujuh) Tahun dan pukullah ia jika tidak melakukan atau mengerjakan Sholat diwaktu mereka meningkat usia 10 tahun (HR. Abu Dawud) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Oleh sebab itu sudah sangat jelas bahwa Sholat Fardhu Lima Waktu merupakan Sholat yg harus dikerjakan oleh kalian karena sudah menjadi kewajiban anda sebagai seorang Muslim sehingga sangat perlu sekali bagi kalian untuk mengetahui perihal tentang Rukun Mengerjakan Shalat Wajib, Syarat Sah Mengerjakan Shalat Wajib, Syarat Wajib Mengerjakan Shalat Fardhu dan Hal – Hal Yang Membatalkan Shalat Wajib agar Shalat Fardhu yg dilakukan oleh kalian dapat Sah dan tidak Mubah karena jika kalian mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu namun tidak memenuhi Rukun dan Syarat Mengerjakan Sholat Wajib maka dapat dipastikan bahwa Sholat Wajib Lima Waktu yg dikerjakan oleh kalian tidak sah atau tidak akan mendapatkan apa – apa baik Pahala dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Wajib dan anda harus mengulangi Sholat Fardhu tersebut sampai benar – benar Sah dikerjakan.

syarat sah shalat

Syarat Sah Shalat Wajib Lima Waktu di Ajaran Islam

Pengertian Syarat Sah Sholat Wajib Lima Waktu ialah suatu Syarat atau ketentuan yg harus anda penuhi sebelum melakukan atau melaksanakan Ibadah Shalat Wajib Lima Waktu karena jika kalian tidak memiliki atau tidak memenuhi salah satu apa yg sudah menjadi Syarat Sah Shalat Fardhu maka Shalat Fardhu yang dikerjakan atau dilakukan oleh kalian sebagai seorang Muslim tidak Sah atau mubah sehingga harus dilakukan atau diulang kembali dari awal sampai Shalat Wajib tersebut dapat sah. Adapun untuk Perkara Syarat Sah Menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu bisa kalian lihat dibawah ini :

Perkara Syarat Sah Shalat yang pertama ialah telah masuk kedalam Waktu Shalat yang telah ditentukan, seperti contoh jika kalian akan mengerjakan Sholat Wajib Dzuhur Empat Rakaat maka harus dikerjakan saat sudah masuk Waktu Shalat Dzuhur dan jika ingin mengerjakan Sholat Wajib Ashar Empat Rakaat maka harus dilaksanakan saat sudah masuk Waktu Shalat Ashar disetiap harinya. Untuk Perihal Syarat Sah Shalat Yang Kedua yg harus kalian penuhi adalah Suci dari Hadast Kecil dan Hadast Besar seperti Haid, Nifas dan Keluarnya Air Mani baik secara sengaja maupun tidak sengaja untuk Hadats Besar dan untuk Hadast Kecil seperti keluarnya BAB, Kentut dan Air Kecil baik secara sengaja maupun tidak sengaja dan baik dengan takaran banyak maupun sedikit.

Lalu Macam Syarat Sah Shalat Wajib Ketiga ialah Suci dari Najis baik didalam Badan, Pakaian maupun Tempat yang digunakan untuk mengerjakan Shalat. Adapun untuk Najis itu sendiri meliputi Darah, Kotoran Hewan atau Orang (Manusia), Bangkai Binatang yg mati tanpa disembelih, Babi dan Anjing. Untuk Hal – Hal Syarat Sah Mengerjakan Sholat Keempat ialah Menutup Aurat yg mempunyai pengertian menutupi anggota badan dari pusar sampai lutut untuk Aurat Laki – Laki dan seluruh anggota badan kecuali telapak tangan dan wajah untuk Aurat Perempuan. Lalu Syarat Sah Melaksanakan Shalat Fardhu yang terakhir atau Kelima yang harus kalian penuhi adalah mengerjakan Sholat dengan menghadap Kiblat (menghadap ke arah Masjidil Haram).


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Syarat Wajib Shalat Wajib Lima Waktu di Islam

Kemudian didalam Pengertian Syarat Wajib Melaksanakan Shalat Fardhu Lima Waktu adalah Syarat atau ketentuan yang harus kalian penuhi sebelum mengerjakan Shalat Fardhu karena jika anda sebagai hamba Muslim tak memenuhi salah satu dari Syarat Wajib Sholat Fardhu maka kalian tidak boleh mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Fardhu yg dilakukan oleh kalian tidak sah atau mubah.

Adapun untuk Perkara Syarat Wajib Menunaikan Shalat Fardhu yang pertama ialah Beragama Islam sehingga jika Orang Non Muslim tidak diwajibkan untuk mengerjakan Sholat Wajib dan jika mengerjakan pun tidak akan Sah Sholatnya. Lalu Perihal Syarat Wajib Sholat Wajib Lima Waktu yg Kedua ialah Suci dari Hadast dan Najis seperti yg sdh diterangkan di dlm Syarat Sah Kedua dan Ketiga diatas. Untuk Macam Syarat Wajib Shalat Fardhu yang ketiga ialah Baligh atau cukup umur yang biasanya sekitar umur 7 Tahun sampai 10 Tahun untuk takaran Baligh Laki – Laki dan untuk Baligh Perempuan ditandai dengan datangnya Menstruasi. Syarat – Syarat Wajib Ke Empat ialah Berakal sehingga orang – orang yg Gila, sedang Mabok dan Tertidur Pulas tidak diwajibkan untuk mengerjakan Sholat dan Syarat ke Lima ialah telah sampai dakwah mengenai Sholat kepadanya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Rukun, Syarat Wajib dan Syarat Sah Shalat Wajib di Islam | muhammad sakti | 4.5