Sunnah Wudhu dan Penjelasan Lengkap di Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sunnah Wudhu – Pengertian tentang Wudhu memiliki artian sebagai salah satu cara untuk menghilangkan Hadats Kecil dan untuk Menyucikan anggota tubuh setiap Muslim menggunakan Air yang dibolehkan untuk digunakan Berwudhu karena jika kalian Berwudhu menggunakan Air yang tidak boleh digunakan untuk Wudhu maka Wudhu kalian tidaklah sah sehingga jika kalian akan mengerjakan Shalat baik itu Shalat Wajib Lima Waktu maupun Shalat Sunnah lainnya maka tidak akan Sah pula karena perlu kalian ketahui bahwa Wudhu merupakan salah satu kedalam Syarat Sah Menunaikan Shalat sehingga kalian harus melakukan Wudhu dengan benar sesuai Syarat dan Rukun Wudhu.

Lalu untuk Hukum Mengerjakan Wudhu sendiri dibagi menjadi dua yaitu Wajib Berwudhu bagi setiap Muslim yang akan mengerjakan Shalat Lima Waktu maupun Shalat Sunnah, saat seorang Muslim akan melakukan Thawaf di Ka’bah dan saat seorang Muslim akan menyentuh atau membaca Kitab Suci Al Qur’an. Sedangkan untuk Hukum Wudhu dikatakan Sunnah jika seorang Muslim akan tidur, sebelum Seorang Muslim melakukan Mandi Wajib, ketika akan mengulangi Hubungan Badan bersama Suami ataupun Istri, Ketika akan berziarah ke Makam Nabi Muhammad Saw, ketika Marah dan saat akan Beradzan dan Iqamat.

Oleh karena itu jika kalian akan mengerjakan Shalat dan Membaca Al Qur’an maka Berwudhu lah karena hal tersebut sudah menjadi Syarat Sah Shalat dan membaca Al Qur’an. Namun jika kalian akan tidur, sedang marah, mau berhubungan badan dg Istri Suami kalian maupun akan Beradzan maka sebaiknya Berwudhu karena hal tersebut telah disunnah dan kalian akan mendapatkan Pahala Sunnah jika melakukannya. Adapun didalam Keutamaan Berwudhu sendiri antara lain akan mendapatkan Pahala Wajib dan Pahala Sunnah, akan didoakan oleh Malaikat agar diampuni segala dosa – dosa yang lalu jika setiap Muslim mengambil wudhu sebelum tidur dan Keistimewaan Wudhu lainnya ialah akan mudah dikenali oleh Nabi Muhammad Saw di Akherat nanti karena Tangan dan Wajahnya akan bercahaya atau berkilau dikarenakan Air Wudhu (HR. Muslim).


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Macam – Macam Sunnah Wudhu di Ajaran Islam

sunnah wudhu

Kemudian untuk Perkara Sunnah Didalam Wudhu yang dapat kalian lakukan antara lain bersiwak sebagaimana telah diterangkan oleh Abu Hurairah bahwasanya Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Kalau aku tidak khawatir bahwa bersiwak akan memberatkan umatku niscaya kuperintahkan Mereka bersiwak setiap kali Wudhu ”. Lalu Sunah Wudhu yang kedua ialah membaca doa Bismillah di awal wudhu dan mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali pada saat akan mengerjakan Wudhu sebagaimana diriwayatkan oleh Ustman bin Affan ra bahwa Nabi Muhammad Saw membasuh kedua tangannya sebanyak tiga kali saat akan Wudhu.

Sunnah Mengerjakan Wudhu selanjutnya ialah Berkumur – Kumur dan membasuh lubang hidung (Istinsyaq) secara benar dan sebanyak tiga kali. Sunnah melakukan Wudhu selanjutnya menyapu seluruh kepala dengan air dan mendahulukan anggota badan yang kanan daripada kiri dalam melakukan Wudhu, membersihkan kedua telinga dari luar dan dalam saat Berwudhu, melakukan tahapan – tahapan dalam berwudhu sebanyak tiga kali, menyela – yela atau membersihkan jari – jari di tangan dan kaki serta Perkara Sunnah Wudhu terakhir ialah membaca Doa Setelah Wudhu karena berdoa merupakan ibadah, dapat mencegah dari bala bencana dan sangat bermanfaat atas ijin Alloh Swt.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Sunnah Wudhu dan Penjelasan Lengkap di Islam | muhammad sakti | 4.5