Cara, Doa dan Niat Shalat Lailatul Qadar Lengkap


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Shalat Lailatul Qadar – Pembahasan mengenai Shalat Lailatul Qadar ialah merupakan salah satu Shalat Sunnah di Ajaran Islam yg bisa dikerjakan oleh setiap Muslim baik Laki – Laki maupun Wanita di Seluruh Dunia karena untuk Hukum Mengerjakan Sholat Lailatul Qadar ialah Sunnah dan Hukum Shalat Lailatul Qadar sunnah ini memiliki artikan akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan bagi mereka yang mengerjakannya, namun tidak akan mendapatkan dosa bagi mereka yang meninggalkan Shalat Lailatul Qadar. Namun ada baiknya bagi seorang Muslim untuk mengerjakan Sholat Sunnah ini karena Shalat Lailatul Qadar dilakukan untuk memohon kepada Alloh Swt agar bisa mendapatkan atau merasakan Malam Lailatul Qadar dan untuk Pengertian Malam Lailatul Qadar sendiri adalah satu malam yang terbaik, teristimewa, termulia dan terindah dari seribu bulan sehingga sudah sepantasnya bagi kita seorang Muslim untuk berikhtiar untuk mendapatkan Satu Malam Lailatul Qadar ini.

cara mengerjakan shalat lailatul qadar

Untuk Waktu Mengerjakan Sholat Lailatul Qadar dilakukan saat Bulan Ramadhan baik dihari pertama hingga hari terakhir Bulan Ramadhan karena Malam Lailatul Qadar datang hanya setahun sekali dan itupun hanya ada di Bulan Ramadhan dalam kalender Islam. Waktu Shalat Lailatul Qadar bisa dikerjakan dimalam hari selepas mengerjakan Shalat Wajib Isya dan Shalat Sunnah Tarawih sampai sebelum masuk waktu Imsak dan ada baiknya jika dilakukan di sepertiga malam akhir atau tengah malam karena waktu tersebut merupakan salah satu waktu paling baik untuk mengerjakan Sholat baik Sholat Isya maupun Shalat Sunnah lainnya seperti Sholat Taubat, Sholat Tahajud dan Sholat Istikharah Dua Raka’at.  Lalu untuk Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar selain mengerjakan Shalat Sunnah Lailatul Qadar antara lain Melakukan Shalat Wajib Lima Waktu, Berpuasa Full satu bulan yg dilakukan secara ikhlas, Mengerjakan Sholat Sunnah Tarawih, Sholat Tahajud dan Sholat Taubat, Berdzikir mendekatkan diri kepada Alloh Swt, Membaca Al Qur’an, Bersedekah dan melakukan perbuatan baik lainnya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Kemudian didalam Keistimewaan Malam Lailatul Qadar sendiri telah dijelaskan didalam Al Qur’an dan salah satunya didalam Al Qur’an Surat Al Qadr ayat 1 – 5 yg berbunyi, ” Sesungguhnya kami tlah menurunkan Al Qur’an pd malam kemuliaan dan tahukah kalian apakah malam kemuliaan itu ? malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan (Lailatul Qadar). Pada malam itu malaikat – malaikat dan malaikat Jibril turun ke bumi dg izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan dan malam itu penuh ketentraman sampai terbitnya fajar (QS. Al Qadr, Ayat 1 – 5) ”. Sedangkan Tanda – Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar bisa kalian lihat didlm Sabda Baginda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Saat datang nya Malam Lailatul Qadar itu malam akan terasa terang, jernih, tenang dan cuaca terasa tidak panas dan tak pula dingin, dipagi harinya terbit Matahari dg jernih terang tanpa tertutupi awan.

Cara, Doa dan Niat Shalat Lailatul Qadar di Ajaran Islam

Adapun untuk Cara Mengerjakan Shalat Lailatul Qadar dilakukan di malam hari pada Bulan Ramadhan dengan Jumlah Raka’at sebanyak Empat Raka’at yang dapat dikerjakan seperti mengerjakan Shalat Wajib Empat Raka’at lainnya yg diawali dengan membaca Niat Sholat Lailatul Qadar dan diakhiri dengan Gerakan Shalat Salam pada Raka’at Keempat (Raka’at Terakhir). Perlu kalian ketahui bahwa didalam Gerakan Shalat dan Doa didalam Gerakan Shalat Lailatul Qadar Empat Raka’at seperti Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram, Doa Iftitah, Surat Al Fatihah, Suratan, Gerakan Shalat Ruku, Gerakan Shalat I’tidal, Gerakan Shalat Sujud Pertama, Gerakan Shalat Duduk diantara Dua Sujud, Gerakan Shalat Sujud Kedua dan Gerakan Shalat Tahiyat Awal di Rakaat Kedua serta Gerakan Shalat Tahiyat Akhir di Rakaat Empat tidak ada bedanya dengan Shalat Wajib Dhuhur, Ashar maupun Shalat Isya.

Perbedaannya hanya ada didalam Niat Sholat dan Waktu Mengerjakan Sholat Lailatul Qadar saja sehingga saya rasa kalian sebagai seorang Muslim tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan Shalat Lailatul Qadar Empat Raka’at ini. Kemudian sebagai tambahan saja bahwa Tata Cara Shalat Lailatul Qadar didalam Suratan yang dibacakan sebaiknya membaca Surat Al Takatsur pada Rakaat Pertama, Surat Al Hakumut pada Rakaat Kedua, Surat Al Ikhlas pada Rakaat Ketiga dan Surat Al Falaq pada Rakaat Keempat. Tetapi sekali lagi hal tersebut hanya sebaiknya saja karena pada dasarnya kalian boleh membacakan Suratan apa saja di masing – masing Rakaat (Rakaat Pertama hingga Rakaat Keempat) dan sebaiknya pula dikerjakan pada saat sepertiga malam akhir atau tengah malam hari karena waktu tersebut merupakan salah satu waktu terbaik untuk mengerjakan Sholat.

Bacaan Niat Shalat Lailatul Qadar Lengkap

niat shalat lailatul qadar lengkap di islamBacaan Niat Mengerjakan Shalat Lailatul Qodar Empat Raka’at diatas telah kami buatkan secara lengkap karena terdapat terjemahan Bahasa Indonesia dan Terjemahan Latinnya sehingga anda sebagai pengunjung dapat membacanya dengan jelas dan mudah agar cepat bisa mengamalkan Shalat Sunnah Lailatul Qadar ini sendiri dirumah.

Bacaan Doa Setelah Shalat Lailatul Qadar

doa sesudah shalat lailatul qadar lengkap


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Untuk Bacaan Doa Sesudah Shalat Lailatul Qadar diatas diriwayatkan oleh Aisyah Ra bahwa ia berkata aku pernah menanyakan pada baginda Nabi Muhammad Saw yakni jika saja ada suatu hari yg ku tahui bahwa malam tersebut merupakan malam Lailatul Qadar lantas apa doa yg mesti aku ucapkan ?, lalu Nabi Muhammad Saw membaca doa ” Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni ” (Hadist Riwayat Ibnu Majah no 3850 dan Tirmidzi no 3513 yg Shahih oleh Al Hafizh Abu Thohir).

Kemudian sebagai tambahan saja bahwa kalian juga bisa membacakan Doa Setelah Mengerjakan Shalat Lailatul Qadar lainnya baik menggunakan Bacaan Arab maupun Bahasa Indonesia karena Alloh Swt itu Maha Mengetahui lagi Maha Mendengar sehingga Alloh Swt akan mengetahui doa – doa yg dipanjatkan oleh para hambanya. Hanya saja sebelum kalian membaca Doa Lailatul Qadar tersebut, ada baiknya jika kalian membaca Dzikir Istighfar untuk memohon ampunan kepada Alloh Swt atas semua dosa – dosa yg pernah kita lakukan baik disengaja maupun tidak disengaja, Dzikir Sholawat Nabi Muhammad Saw, Dzikir Tahmid, Dzikir Tahlil dan Dzikir Takbir yang berguna untuk mendekatkan diri dan memohon perlindungan kepada Alloh Swt.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Cara, Doa dan Niat Shalat Lailatul Qadar Lengkap | muhammad sakti | 4.5