Perkara dan Hal Yang Makruh didalam Shalat Fardhu


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Makruh Shalat Wajib – Pembahasan mengenai Shalat Fardhu atau Shalat Wajib di Ajaran Islam yaitu salah satu ibadah yang wajib dikerjakan atau dilakukan oleh tiap – tiap Muslim diseluruh Dunia karena didalam Hukum Mengerjakan Shalat Fardhu sendiri adalah Fardhu Ain atau Wajib dan Harus dilakukan atau dilaksanakan oleh Muslim disetiap harinya, dalam hal ini pun tlah dijelaskan dibeberapa Surat didalam Al Qur’an dan salah satunya seperti diterangkan oleh Surat Al Baqarah Ayat 43 bahwasanya, ” Dirikanlah (kerjakanlah) Sholat, dan Membayar Zakat dan tunduklah atau Rukulah bersama orang – orang yg sedang Ruku (QS. Al Baqarah, Ayat : 43) ”. Lalu didalam Surat Al Ankabut ayat 45 yg berbunyi, ” Kerjakanlah Sholat karena sesungguhnya Sholat itu dpt mencegah dari perbuatan Keji (Jahat) dan yang mungkar (QS. Al Ankabut, Ayat : 45) ”.

makruh shalat

Untuk Shalat Fardhu didalam Islam sendiri terdiri dari Shalat Subuh Dua Rakaat, Shalat Duhur Empat Rakaat, Shalat Asar Empat Rakaat, Shalat Maghrib Tiga Rakaat dan Shalat Isya Empat Rakaat. Adapun didalam Keistimewaan Shalat Wajib atau Keutamaan Shalat Wajib yg bisa kalian dapatkan sangatlah banyak seperti salah satunya akan mendapatkan Pahala Besar, akan terhindar dari perbuatan Jahat (Keji) dan Mungkar, dapat menghapus dosa – dosa yg lalu baik yg dilakukan secara sengaja maupun tidak, akan selalu dilindungi dan diberi pertolongan oleh Alloh Swt karena kalian sudah mengerjakan Sholat Wajib dan Sholat merupakan Tiang Agama Islam yang termasuk kedalam Rukun Islam ke Dua, Sholat sebagai pembeda antara Orang – Orang Kafir dengan Orang Muslim, sebagai sarana untuk menuju Surga yg kekal dan terhindar dari api neraka serta siksaan kubur kelak kalau sudah meninggal dunia.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pengertian Makruh Shalat Fardhu di Ajaran Islam

Lalu didalam Pengertian Makruh Shalat Wajib sendiri adalah sesuatu, perihal atau perkara yang boleh dikerjakan dan boleh ditinggalkan saat melakukan Shalat Wajib, sebagai contoh jika Perkara Yang Termasuk Didalam Makruh Sholat Fardhu dilakukan maka kalian tidak akan mendapatkan apa – apa baik Pahala maupun Dosa, tetapi jika Perihal Yang Menjadi Makruh Mengerjakan Shalat ditinggalkan atau tidak dilakukan oleh tiap – tiap Muslim saat mengerjakan Shalat Fardhu atau Wajib maka akan lebih baik dan akan memperoleh Pahala Tambahan sehingga ada baiknya jika kalian meninggalkan atau tidak melakukan apa – apa yang menjadi Makruh didalam Sholat saat menunaikan ibadah Sholat Wajib Lima Waktu, walaupun jika dikerjakanpun tidak akan mendapatkan dosa dan sholatnya masih Sah atau tidak batal.

Perkara dan Macam Makruh Shalat Wajib di Islam

Kemudian untuk Hal – Hal Makruh Menunaikan Shalat Fardhu yang pertama adalah Menaruh telapak tangan di lengan baju yang sedang ia pakai saat melakukan Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram, Gerakan Shalat Ruku dan Gerakan Shalat Sujud baik itu Sujud Pertama maupun Sujud Kedua. Lalu Yang Kedua ialah menutup Mulut rapat – rapat saat mengucapkan Allohu Akbar saat Takbiraul Ikhram, saat mengucapkan Amin serta Salam di Raka’at Terakhir. Yang Ketiga ialah Bertolak Pinggang atau Tangan diletakan di Pinggang, Abu Hurairah mengatakan bahwa ” Nabi Muhammad Saw melarang seseorang saat mengerjakan Shalat dengan meletakkan tangan nya pada perut nya atau bertolak pinggang (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Perihal Makruh Menunaikan Shalat Wajib yang Keempat ialah Memalingkan atau menoleh Muka (Kepala) tanpa keperluan tertentu saat mengerjakan Shalat dan Aisyah Ra mengatakan bahwa, ” Aku tlah bertanya kpd Nabi Muhammad Saw tentang perkara Menoleh saat Shalat ”. Dan Nabi Muhammad Bersabda bahwa, ” Hal tersebut merupakan pencurian yg dilakukan oleh Setan dari Shalat Seseorang Hamba (HR. Bukhari) ”. Lalu Makruh Shalat Ke Lima ialah Memandang Pandangan Kelangit – Langit atau memandang kearah manapun dan Nabi Muhammad Saw pernah bersabda yg berbunyi, ” Apa yg membuat orang2 itu mengangkat pandangan atau penglihatannya ke langit ketika Shalat mereka ?. Hendaknya mereka berhenti melakukan itu karena kalau tidak, niscaya akan tersambar penglihatan mereka (HR. Bukhari) ”.

Adapun Perkara Makruh Shalat Fardhu Keenam adalah mengerjakan Shalat dengan menahan Hadats Kecil seperti menahan Buang Air Kecil, Menahan Kentut dan BAB yg dapat mengganggu konsentrasi Shalatnya. Lalu Makruh dalam Shalat yang ketujuh ialah mengerjakan Shalat didepan hidangan Makanan karena Nabi Muhammad Saw tlah bersabda bahwa, ” janganlah mengerjakan Shalat dg dekat hidangan Makanan dan janganlah mengerjakan Shalat sambil menahan keluarnya sesuatu dari 2 jalan yaitu menahan Air Kecil dan menahan Buang Air Besar (Hadist Riwayat Muslim) ”.

Yang Delapan ialah melakukan Shalat ditempat yg diragukan akan terdapat atau terkena Najis dan Nabi Muhammad Saw tlah melarang tempat2 untuk melakukan Shalat seperti Tempat Pembuangan Sampah, Tempat Perkuburan atau Kuburan, Tempat Penyembelihan Binatang, Ditempat Mandi, Ditengah Jalan, dikandang unta (Kandang Hewan) dan diatas Baitullah. Kemudian Makruh Saat Mengerjakan Shalat yang terakhir ialah melakukan hal, kegiatan atau perbuatan yang dapat mengurangi konsentrasi atau kekhusyuan ketika mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu. Sebagai tambahan saja bahwa didalam Perkara Makruh tersebut juga berlaku saat kalian mengerjakan Shalat Sunnah seperti Shalat Sunnah Tarawih di Bulan Ramadhan, Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Tahajud dan Shalat Sunnah lain yg terdapat didalam Islam.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Perkara dan Hal Yang Makruh didalam Shalat Fardhu | muhammad sakti | 4.5