Perkara, Hal dan Macam Makruh Puasa Ramadhan


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Macam Makruh Puasa – Pembahasan tentang Puasa di Bulan Ramadhan ialah salah satu kewajiban yang harus dilakukan bagi segenap kaum Muslim diseluruh Dunia karena didalam Puasa di Bulan Ramadhan sendiri merupakan termasuk kedalam Rukun Islam yang ke empat. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa Hukum Mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan ini adalah Wajib dikerjakan oleh setiap Muslim yang sudah masuk kedalam Orang – Orang Yang di Wajibkan untuk Berpuasa Ramadhan sehingga seorang Muslim akan mendapatkan Pahala banyak jika mereka mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan dan akan mendapatkan Dosa Besar pula bagi mereka yang meninggalkan Puasa di Bulan Ramadhan.

Kemudian untuk Cara Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri ialah dengan menahan Makan (Lapar), Minum (Haus), Hawa Nafsu (Syahwat) dan tidak melakukan Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan yang dimulai dari Masuknya Waktu Imsak atau dimulai dari terbitnya fajar sampai Matahari Tenggelam yang biasanya ditandai oleh Adzan Maghrib karena setelah kalian memasuki Waktu Berbuka Puasa (Tenggelamnya Matahari) maka kalian sudah bisa Makan, Minum dan melakukan hal – hal yang dapat membatalkan puasa tersebut. Adapun didalam Waktu Mengerjakan Puasa Ramadhan hanya dapat dilakukan di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah (Kalender Islam) saja dan dikerjakan selama Sebulan Penuh atau Tiga Puluh Hari hanya di Bulan Ramadhan.

Oleh karena itu jika kalian mengerjakan Puasa selain di Bulan Ramadhan maka bisa dipastikan Puasa yg dilakukan oleh kalian ialah Puasa Sunnah bukan Puasa Wajib Ramadhan. Sedangkan Perintah Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri telah ada didlm Al Qur’an pada Surat Al Baqarah ayat 183 yg berbunyi, ” Hai Orang2 yg beriman diwajibkan atas kalian untuk mengerjakan Puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang2 sebelum kalian agar kalian bertakwa (QS. Al Baqarah, Ayat : 183) ”. Lalu Nabi Muhammad Saw juga pernah bersabda didlm Hadist Shahih Bukhari dan Muslim yg berbunyi, ” Agama Islam dibangun oleh Lima Perkara yg antara lain bersaksi tidak ada Tuhan selain Alloh Swt untuk disembah dan Muhammad adlh utusannya, Kerjakan Shalat Lima Waktu, Tunaikan atau Bayarlah Zakat, Menunaikan atau Berangkat Haji dan Berpuasa di Bulan Ramadhan (HR. Bukhari dan Muslim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Perkara, Hal dan Macam Makruh Puasa di Bulan Ramadhan

macam makruh puasa

Sebelum mengulas lebih jauh tentang Makruh didalam Puasa Ramadhan, ada baiknya jika kalian mengetahui Pengertian Makruh Puasa Ramadhan karena Makruh Puasa di Bulan Ramadhan ialah suatu perkara atau hal yang telah dianjurkan untuk tidak dilakukan oleh seorang Muslim saat sedang mengerjakan Puasa karena jika mereka melakukan Perkara Yang Membuat Makruh Puasa Ramadhan maka pahala puasa ramadhan yg didapatkannya akan berkurang, tetapi tidak akan membatalkan puasa sehingga harus diingat bahwa Makruh Puasa tidak dapat membatalkan Puasa Ramadhan hanya saja akan mengurangi Pahalanya saja.

Macam Makruh Puasa Ramadhan Lengkap

Kemudian untuk Perkara Makruh di dalam Puasa Ramadhan yang pertama ialah berkumur dan membersihkan hidung dengan air secara berlebih – lebihan, sekalipun dia sedang melakukan Wudhu karena Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Dan bersungguh – sungguhlah kalian dlm menghirup air (Saat Wudhu) dg hidung kecuali jika kalian sedang berpuasa ”. Hal tersebut termasuk kedalam Makruh Puasa Ramadhan karena Nabi Muhammad Saw khawatir apabila air yg digunakan untuk Berkumur – Kumur dan membersihkan Hidung saat wudhu dapat masuk kedalam rongga tubuh manusia sehingga dapat membatalkan Puasa yg sedang kalian kerjakan.

Lalu Hal Yang Makruh Saat Puasa Ramadhan ke dua ialah memandangi Suami atau Istri berlama – lama dengan Syahwat karena nantinya dikhawatirkan mereka bisa timbul Syahwat dan membayangkan atau mempunyai keinginan untuk berhubungan badan dengan Suami atau Istri saat kalian sedang berpuasa. Sedangkan Hal Yang Membuat Makruh Saat Mengerjakan Puasa Ramadhan selanjutnya ialah berciuman, bermesra – mesraan, memeluk dan bercumbu bersama Suami atau Istri saat Berpuasa yang dapat merusak Puasa Ramadhan kalian karena dengan melakukan Bercumbu maka dikhawatirkan dapat keluarnya Air Mani seseorang ataupun bisa berakibat melakukan Hubungan Suami Istri saat sedang Berpuasa.

Untuk Macam Makruh Puasa Ramadhan selanjutnya yang harus dihindarkan oleh kalian antara lain menyentuh Perempuan dengan tangan atau menempelkan tubuh pada tubuhnya secara sengaja, Mengunyah daun Sirih ataupun Mengunyah apapun yang sangat dikhawatirkan ada beberapa bagian yang masuk kedalam tenggorokan, Mencicipi Makanan, Memandangi Makanan atau Minuman dengan penuh Nafsu seperti ingin memakan atau meminumnya dan berkumur – kumur bukan karena Wudhu ataupun kepentingan yang lainnya seperti Sikat Gigi atau Menggosok Gigi, Berbekam dan Donor darah di Siang Hari karena hal tersebut dikhawatirkan akan membuat orang tersebut menjadi lemas dan lesu karena telah mengeluarkan darah didalam tubuhnya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Macam – Macam Makruh didalam Puasa Ramadhan dan perlu kami sampaikan sekali lagi bahwa untuk Pengertian Makruh Puasa Ramadhan itu tidak akan membatalkan Puasa Ramadhan yang sedang kalian lakukan, hanya saja jika kalian melakukan hal yang termasuk kedalam Makruh Puasa maka Puasa Ramadhan atau Puasa Sunnah lainnya yang sedang kalian lakukan akan berkurang pahalanya dan ditakutnya bisa batal puasanya sehingga ada baiknya bagi kalian setiap Muslim untuk tidak melakukan Hal – Hal Makruh didalam Puasa Ramadhan karena dikhawatirkan Puasa Ramadhan yang sedang kalian kerjakan akan menjadi batal.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Perkara, Hal dan Macam Makruh Puasa Ramadhan | muhammad sakti | 4.5