Manfaat dan Keutamaan Sahur Puasa Ramadhan


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keutamaan Sahur Puasa – Pengertian Sahur Puasa Ramadhan yaitu aktivitas Makan ataupun Minum dengan takaran yang banyak maupun sedikit yg bisa dilakukan oleh setiap Muslim baik itu Muslim Laki – Laki maupun Muslim Perempuan yang sudah termasuk kedalam Syarat Sah dan Syarat Wajib mengerjakan Puasa Ramadhan karena didalam Makan Sahur termasuk ke dlm salah satu perkara Sunnah di dlm Puasa di Bulan Ramadhan yang dapat dilakukan oleh setiap Muslim. Lalu untuk Hukum Mengerjakan Sahur Puasa Ramadhan itu sendiri adalah Sunnah yang mempunyai penjelasan akan mendapatkan Pahala Sunnah dan memperoleh Keutamaan Makan Sahur Puasa Ramadhan bagi setiap Muslim yang melakukan aktivitas Sahur, namun tidak akan mendapatkan Dosa bagi setiap Muslim yang tidak melakukan aktivitas Makan Sahur di Bulan Ramadhan karena Hukum Makan Sahur sekali lagi Sunnah bukan Wajib untuk dilakukan.

Hanya saja kalian sebagai seorang Muslim yang tidak melakukan atau meninggalkan aktivitas Makan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan ini akan menyesal dan merugi karena selain akan mendapatkan Pahala Sunnah, Bersahur juga terdapat Keberhakan yg bisa kalian peroleh didalam Makanan dan Minuman Sahur yang kalian kerjakan tersebut. Adapun Nabi Muhammad Saw pernah bersabda didalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi, ” Makan Sahurlah kalian karena didalam Makan Sahur tersebut terdapat suatu keberkahan (HR. Bukhari dan Muslim)”. Sehingga dengan melihat Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim tersebut sudah bisa disimpulkan bahwa Nabi Muhammad Saw sendiri telah memerintahkan kepada para Umatnya (Muslim) untuk melakukan aktivitas Makan Sahur dan didalam Makan Sahur juga terdapat suatu keberkahan yang bisa kalian dapatkan.

Untuk Tata Cara Makan Sahur Puasa Ramadhan sendiri sangatlah mudah karena kalian cukup memakan atau meminum dengan takaran yang banyak ataupun sedikit dengan niat didalam hati untuk Bersahur mengharapkan Ridho dan Keberkahan dari Alloh Swt.  Sedangkan didalam Waktu Mengerjakan Makan Sahur dapat dilakukan oleh setiap Muslim hanya di malam hari atau lebih tepatnya di Tengah Malam sampai sebelum terbitnya Fajar (Waktu Imsak) selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan karena untuk Puasa Wajib Ramadhan sendiri dilakukan selama Tiga Puluh Hari atau Sebulan Penuh di Bulan Ramadhan dan untuk Waktu Sahur Puasa Ramadhan terbaik atau paling utama ialah 30 Menit sampai 45 Menit sebelum datangnya Fajar atau sebelum masuk Waktu Imsak sehingga kalian bisa langsung mengerjakan Shalat Wajib Subuh.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keutamaan Sahur Puasa Ramadhan di Ajaran Islam

keutamaan sahur

Kemudian didalam Keutamaan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan yang bisa kalian dapatkan sebagai seorang Muslim yang melakukan aktivitas Makan Sahur Puasa Ramadhan antara lain akan mendapatkan Pahala Sunnah karena kalian sebagai seorang Muslim telah melakukan apa yang tlah diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw dan didalam Al Qur’an Surat An Nissa ayat 80 telah menjelaskan Keutamaan mengikuti Sunnah Rosul yg berbunyi, ” Barangsiapa yg menaati Rasul itu sesungguhnya dia tlah menaati Alloh Swt. Dan barangsiapa yg berpaling dari ketaatan itu maka kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka (QS. An Nissa Ayat : 80) ”. didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 71 juga telah menjelaskan, ” Dan barangsiapa menaati Alloh Swt dan Rosulnya maka sesungguhnya dia tlah mendapatkan kemenangan yg besar (QS. AL Ahzab Ayat 71) ”.

Untuk Keutamaan Bersahur Puasa Ramadhan selanjutnya selain akan mendapatkan Pahala ialah akan mendapatkan keberhakan didalam Makanan dan Minuman yang ada didalam Makan Sahur Puasa tersebut dan telah disebutkan didalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Makan Sahur lah kalian karena di dlm Makan Sahur tersebut terdapat keberkahan (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Keistimewaan Sahur Puasa juga bisa dijadikan sebagai pembeda antara Puasa yang dilakukan oleh umat Islam dengan Puasa yang dilakukan oleh Kaum Yahudi ataupun Nasrani karena didalam Puasa Kaum Yahudi maupun Nasrani tidak ada aktivitas Makan Sahur dan telah dijelaskan didalam Hadist Muslim nomor 1096 yg mengatakan, ” Perbedaan antara Puasa kita (Islam) dan Puasa Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) ialah Makan Sahur (HR. Muslim) ”.

Lalu didalam Keutamaan Sahur Puasa selanjutnya ialah akan mendapatkan Shalawat dari Alloh Swt dan doa dari para Malaikat bagi setiap Muslim yang melakukan aktivitas Sahur Puasa di Bulan Ramadhan. Dari Abu Said Al khudri berkata bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Makan Sahur ialah makan yang penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkan Makan Sahur walaupun dengan seteguk Air karna Alloh Swt dan Malaikat nya bershalawat kpd Orang yg makan Sahur (HR. Ahmad 3:44) ”. Waktu Makan Sahur juga merupakan Waktu yang diberkahi dan waktu utama untuk beristighfar atau memohon ampun karena didalam Al Qur’an Surat Ali Imran ayat 17 telah menjelaskan bahwa, ” Dan Orang – Orang yg meminta Ampun di Waktu Sahur (QS. Ali Imran ayat : 17) ”.

Kemudian Keutamaan Sahur Puasa lainnya adalah orang yang melakukan aktivitas Makan Sahur bisa menjawab Adzan dan mengerjakan Shalat Wajib Subuh secara Berjamaah sehingga hal ini menjadi suatu kebaikan karena kita sebagai seorang Muslim juga akan mendapatkan Pahala Mengerjakan Shalat Wajib Subuh selain mendapatkan Pahala Sunnah Makan Sahur di Bulan Ramadhan. Adapun untuk Manfaat Sahur Puasa atau Manfaat Makan Sahur bagi Kesehatan Manusia ialah akan memberikan energi fisik yang lebih kuat dan akan menambah semangat untuk menjalani Puasa Ramadhan di esok harinya daripada orang yang tidak melakukan Aktivitas Makan Sahur di Bulan Ramadhan, hanya saja perlu kalian ketahui bahwa sebelum mengerjakan Puasa Ramadhan kalian diwajibkan untuk membaca Niat Puasa Ramadhan sebelum masuknya Waktu Imsak sehingga dengan Bersahur maka kalian bisa membaca Niat Puasa Ramadhan ini diwaktu sahur ketika dimalam harinya kalian lupa membacanya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Manfaat dan Keutamaan Sahur Puasa Ramadhan | muhammad sakti | 4.5