Hal Yang Membatalkan Wudhu di Ajaran Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Yang Membatalkan Wudhu – Pembahasan mengenai Wudhu menurut Bahasa mempunyai arti Bersih dan juga indah, sedangkan jika dilihat menurut Istilah atau Syariah Islam memiliki pengertian suatu cara yang dilakukan untuk membersihkan Anggota Tubuh untuk menghilangkan Hadats Kecil yang ada didalam Tubuh kita menurut tata cara Islam karena didalam Wudhu mempunyai aturan – aturan dan Syarat Sah maupun Syarat Wajib Mengerjakan Wudhu yang harus kalian ketahui sehingga bisa dikatakan bahwa kalian sebagai seorang Muslim harus mengetahui tentang Tata Cara Berwudhu yang benar karena Wudhu merupakan salah satu Syarat Sah Mengerjakan Shalat baik itu Shalat Wajib Lima Waktu ataupun Shalat Sunnah di Ajaran Islam.

Untuk itu sudah bisa dipastikan bahwa sebelum mengerjakan Shalat maka setiap Muslim harus melakukan Wudhu terlebih dahulu jika ingin Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah mereka Sah karena sekali lagi Wudhu merupakan salah satu termasuk kedalam Syarat Sah Mengerjakan Shalat dan Nabi Muhammad Saw juga pernah bersabda didalam Hadist Riwayat Muslim yang mengatakan bahwa, ” Tidak akan diterima Shalat kamu apabila kalian tidak bersuci atau Berwudhu dan Bersuci atau Berwudhu merupakan sebagian dari Iman (HR. Muslim) ”. Adapun Perintah Melakukan Wudhu sebelum Shalat juga tlah dijelaskan oleh Ayat Suci Al Qur’an didalam Surat Al Maidah yg berbunyi, ” Hai orang2 yg beriman apabila km hendak mengerjakan Sholat maka basuhlah muka mu, kedua tangan mu sampai siku dan sapulah kepala mu dan basuhlah kedua kaki mu sampai mata kaki (QS. Al Maidah Ayat : 6) ”.

Kemudian untuk Keutamaan Wudhu sendiri tentunya cukup banyak untuk setiap Muslim yang melakukannya dan diantaranya antara lain akan mendapatkan Pahala bagi setiap Muslim yang Berwudhu dan Keutamaan Berwudhu selanjutnya ialah akan di doakan oleh Malaikat agar diampuni segala dosa bagi setiap Muslim yang Berwudhu sebelum Tidur, Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Barangsiapa yg tidur di mlm hari dlm keadaan Suci atau Berwudhu maka Malaikat akan tetap mengikutinya, lalu dia bangun niscaya Malaikat tersebut mengucapkan doa ‘ Ya Alloh ampunilah hambu mu si Fulan karena dia telah tidur dimalam hari dlm keadaan yg suci atau berwudhu (HR. Ibnu Hibban) ”. Adapun Keistimewaan Wudhu lainnya adalah akan mudah dikenali oleh Nabi Muhammad Saw diakhirat nanti karena Muka dan Tangan seorang yg rajin Berwudhu akan berkilauan karena Wudhu tersebut (Hadist Riwayat Muslim).


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hal – Hal Yang Membatalkan Wudhu di Ajaran Islam

yang membatalkan wudhu

Oleh karena itu kalian sebagai seorang Muslim harus mengetahui Hal Yang Dapat Membatalkan Wudhu karena Wudhu merupakan salah satu Syarat Sah Mengerjakan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah sehingga jika kalian tidak melakukan Wudhu terlebih dahulu atau Wudhunya Batal saat atau sebelum mengerjakan Shalat maka sudah bisa dipastikan bahwa Shalat Wajib Lima Waktu maupun Shalat Sunnah yang dikerjakan oleh kalian tidak akan Sah.

Perkara Yang Membatalkan Wudhu Lengkap

Adapun untuk Sesuatu Yang Dapat Membatalkan Wudhu pertama ialah sesuatu yang keluar dari Qubul dan Dubur Manusia seperti Buang Air Kecil (Kencing), Buang Air Besar, Keluarnya Angin (Kentut), Keluarnya Mani maupun lain sebagainya karena Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwa, ” Alloh Swt tidak akan menerima Shalat salah seorang dari kalian jika kalian Berhadats sampai Berwudhu (Hadist Riwayat Bukhari) ”. Dan khusus untuk keluarnya Mani diwajibkan melakukan Mandi Wajib terlebih dahulu sebelum Berwudhu karena hal tersebut merupakan salah satu Hadats Besar sehingga harus dihilangkan dengan Mandi Wajib, Sedang untuk Buang Air Kecil, BAB, Kentut dan Keluar Madzi maupun Wadi merupakan salah satu Hadats Kecil sehingga cukup dibersihkan dengan Berwudhu.

Sedangkan untuk Hal Yang Bisa Membatalkan Wudhu yang kedua ialah hilang akal sehat seperti Gila, Pingsan, Tidur nyenyak dan Mabuk sehingga jika kalian mengalami tidur atau pingsan maka kalian harus melakukan Wudhu kembali saat akan mengerjakan Shalat dan Hal Yang Membatalkan Wudhu selanjutnya adalah tersentuhnya kulit antara Pria dan Wanita yg bukan Muhrimnya dg tidak ada penghalang diantaranya (Muhrim ialah seseorang yg tidak boleh dinikahkan seperti Ayah, Ibu, Kakak, Adik dan sebagainya). Lalu untuk tersentuhnya Kemaluan (Qubul atau Dubur) dg tangan maupun Jari – Jari Tangan tanpa menggunakan tutup itu juga merupakan salah satu Sesuatu Yang Membatalkan Wudhu walaupun Qubul atau Dubur milik sendiri.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hal Yang Membatalkan Wudhu di Ajaran Islam | muhammad sakti | 4.5