Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan Lengkap


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan – Pembahasan mengenai Puasa Ramadhan didalam Ajaran Islam merupakan salah satu kegiatan puasa menahan diri dari Makan (Lapar), Minum (Haus), Hawa Nafsu (Syahwat) bersama Suami atau Istri dan menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan Puasa Ramadhan maupun Puasa Sunnah yg dimulai dari Fajar Terbit atau saat masuk waktu imsak sampai Matahari Terbenam di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah karena jika saat Matahari telah terbenam maka kalian sebagai seorang Muslim sudah boleh berbuka puasa dengan cara memakan atau meminum sesuatu kedalam tubuh kalian.

Lalu untuk Waktu Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri hanya bisa kalian lakukan di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah selama tiga puluh hari atau satu bulan penuh di Bulan Ramadhan dan Waktu Puasa Ramadhan dimulai dari Masuk Waktu Imsak sampai tenggelamnya Matahari atau biasanya ditandai oleh Adzan Shalat Maghrib. Oleh karena itu jika kalian mengerjakan Puasa selain di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah maka Puasa tersebut bukanlah Puasa Wajib Ramadhan melainkan Puasa Sunnah karena untuk Hukum Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri adlh Wajib dilakukan oleh setiap Muslim baik Muslim Laki – Laki maupun Muslim Wanita yg sdh masuk ke dlm Syarat Wajib Mengerjakan Puasa Ramadhan.

Adapun didalam Hukum Puasa Ramadhan yang wajib dikerjakan oleh setiap Muslim ini memiliki maksud akan mendapatkan Pahala yang banyak bagi setiap Muslim yang mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan dan akan mendapatkan Dosa bagi setiap Muslim yang meninggalkan Puasa di Bulan Ramadhan, walaupun satu hari saja karena Puasa di Bulan Ramadhan wajib dilakukan selama sebulan penuh atau tiga puluh hari di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah. Sedangkan untuk perintah diwajibkan mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri telah dijelaskan didalam Firman Alloh Swt didlm Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi, ” Hai orang2 yg beriman diwajibkan olah km untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang2 sebelum km agar km bertaqwa (QS. Al Baqarah Ayat 183) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan di Islam

hal yang membatalkan puasa

Kemudian Nabi Muhammad Saw juga pernah bersabda yg berbunyi, ” Islam itu dibangun oleh lima perkara yang antara lain bersaksi bahwa tidak ada tuhan yg berhak untuk disembah oleh kalian selain Alloh Swt dan Muhammad ialah utusannya, menegakkan atau mendirikan Shalat, menunaikan atau membayar Zakat, menunaikan atau berangkat Haji dan melakukan Puasa di Bulan Ramadhan (Hadist Riwayat Bukhari no 8 dan Muslim nomor 16) ”. Sebagai tambahan saja bahwa Puasa Ramadhan merupakan salah satu Rukun Islam nomor Empat sehingga didlm Keutamaan Puasa Ramadhan tentunya sangat banyak diantara yg terpenting ialah seorang hamba yg meninggalkan Syahwatnya (Nafsu), Makan dan Minumnya demi Alloh Swt maka hal tersebut merupakan taqwa terbesar kepada Alloh Swt.

Perkara Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan yang pertama ialah makan dan minum ataupun memasukan sesuatu kedlm lubang secara sengaja karena dalam hal ini telah dijelaskan oleh Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 187, ” …… makan dan minumlah hingga waktu fajar tiba yg dpt membedakan antara benang putih dan hitam (QS. Al Baqarah, Ayat 187) ”. Oleh karena itu bagi siapa saja yang mengerjakan Puasa Wajib Ramadhan maupun Puasa Sunnah lainnya tidak boleh memakan atau meminum sesuatu dengan sengaja dari Waktu Imsak sampai Matahari Tenggelam, namun jika mereka tidak sengaja Makan dan Meminum sesuatu maka puasanya masih sah dengan catatan mereka benar – benar tidak sengaja atau lupa sedang mengerjakan Puasa.

Perkara Yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan yang kedua ialah melakukan Hubungan Badan secara sengaja dan sadar dengan Suami maupun Istri di Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari dan yang termasuk ke dlm Hubungan Badan tersebut adlh telah masuknya alat kelamin pria dg wanita dlm keadaan sengaja karena dalam hal tersebut bisa dikatakan bahwa kalian tidak bisa menahan hawa nafsunya saat mengerjakan Puasa Ramadhan. Hal Membatalkan Puasa Ramadhan Ketiga ialah melakukan pengobatan atau melakukan kegiatan pada kemaluan atau dubur kalian yang dapat memungkinkan masuknya sesuatu hal baik Air maupun lainnya dari salah satu lubang anda tersebut.

Sesuatu Yang Membatalkan Puasa Ramadhan ke Empat yaitu Muntah secara sengaja, tetapi jika Muntah secara tidak sengaja seperti saat sedang sakit maka Puasa Ramadhan tersebut masih sah dan dapat diteruskan sampai waktu berbuka puasa karena dalam hal ini telah dijelaskan oleh Sabda Nabi Muhammad Saw yg mengatakan, ” Barang siapa yg tidak sengaja muntah disaat sedang mengerjakan Puasa maka dia tidak diwajibkan untuk mengganti Puasanya tersebut (Puasanya tidak batal) dan Barangsiapa yg sengaja Muntah disaat sedang melakukan Puasa maka dia wajib mengganti puasanya (Puasanya Batal) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan ke Lima ialah keluarnya Air Mani baik oleh Muslim Laki – Laki maupun Muslimah Wanita karena jika adanya sentuhan baik saat melakukan mastrubasi, menyentuh, bermesraan dan mencium pasanganya (Suami maupun Istri) sampai keluarnya air mani maka Puasa yg sedang dikerjakan oleh mereka sama – sama batal, namun jika seorang Muslim yang sedang melakukan Puasa dan dia mengalami Mimpi Basah maka puasanya tersebut tidaklah batal.

Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan keenam adalah Wanita Haid karena telah diriwayatkan oleh Aisyah Ra bahwa Haid itu membatalkan Puasa dan Perempuan yg masih mampu wajib untuk mengganti Puasa yg dilakukan tersebut dan dlm Hadist Riwayat Muslim telah diterangkan, ” Kami (Perempuan) diperintahkan untuk mengganti Puasa yg ditinggalkan namun tidak diperintahkan untuk mengganti shalat yg ditinggalkan (HR. Muslim) ”. Lalu Perkara Batal Puasa Ramadhan ketujuh ialah keluarnya Darah dari kemaluan Wanita setelah mereka melahirkan atau Nifas karena jika seorang Perempuan Muslim sedang Berpuasa dan dia mengeluarkan Nifas maka puasa tersebut tidak sah atau batal.

Sedangkan yang kedelapan ialah Gila atau hilangnya akal sehat sehingga seorang Muslim tidak diwajibkan untuk mengerjakan Puasa Ramadhan jika mereka Gila atau kurang sehat dalam segi mentalnya dan untuk Hal Yang Membatalkan Puasa kesembilan ialah Murtab atau keluar dari Agama Islam karena Puasa Ramadhan merupakan kewajiban seorang Muslim sehingga jika seseorang melakukan Murtad atau keluar dari Islam maka Puasa Ramadhan yang dikerjakannya tidak akan sah dan kewajiban itu sendiri akan terhapus.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan Lengkap | muhammad sakti | 4.5