Bacaan Doa Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Doa Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan – Pembahasan dan Pengertian Malam Lailatul Qadar ialah satu malam yg paling penting, malam yg paling utama, malam yg paling teristimewa dan malam terbaik dari seribu Bulan yang terjadi disetiap Bulan Ramadhan dalam Kalender Hijriah (Kalender Islam) sehingga bisa dikatakan bahwa Waktu Malam Lailatul Qadar terjadi disetiap Bulan Ramadhan, tetapi tidak ada orang yg mengetahui kapan tepatnya Waktu Lailatul Qadar Bulan Ramadhan itu terjadi karena itu rahasia Alloh Swt. Hanya saja didalam Hadist Bukhari dan Muslim mengatakan bahwa Aisyah berkata, ” Nabi Muhammad Saw ber i’tikaf di sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan dan Nabi Muhammad Saw bersabda, ” carilah Malam Lailatul Qadar dimalam ganjil pada 10 (Sepuluh) hari terakhir di Bulan Ramadhan (HR. Bukhari no 4/225 dan Muslim no 1169) ”.

doa lailatul qadar

Oleh karna itu melihat Sabda Nabi Muhammad Saw yg dijelaskan oleh Hadist Shahih Bukhari dan Muslim bisa disimpulkan bahwa Waktu Datangnya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan ialah di malam ganjil sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan. Adapun untuk Tanda – Tanda Malam Lailatul Qadar yg bisa kalian pelajari dan amati di sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan tersebut antara lain terbitnya Matahari dg Cahaya yg lembut sejak pagi, cerah dan sinarnya tak begitu menyengat dari siang hingga terbitnya besok pagi, seperti Sabda Nabi Muhammad Saw bahwa ” Keesokan hari malam lailatul qadar Matahari terbit sampai tinggi tanpa sinar terang (Hadist Riwayat Muslim). Lalu Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar selanjutnya Udara akan terasa sejuk dan tenang seperti Sabda Nabi Muhammad Saw berbunyi, ” Lailatul Qadar ialah Malam yg tenang dan tentram, tidak terlalu panas dan tak pula terlalu dingin, esok paginya sang Matahari terbit dg sinar lemah berwarna Merah (HR. Hasan) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Tanda – Tanda Lailatul Qadar malam istimewa dari seribu bulan yg terjadi di Bulan Ramadhan selanjutnya ialah Kemunculan Bulan menampakkan diri dg saparuh dan hal ini sudah dijelaskan oleh Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Siapakah dari kalian yg masih ingat tatkala Bulan muncul yg berukuran separuh nampan (HR. Muslim) ”. Kemudian untuk Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan yg bisa kalian lakukan sebagai bentuk usaha mendapatkan Malam Lailatul Qadar antara lain mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan satu bulan dg khusyu, ikhlas dan baik dan benar menurut ketentuan di ajaran islam tentang Puasa Ramadhan, mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu secara khusyu, mengerjakan Sholat Sunnah Tarawih malam hari di Bulan Ramadhan dan menunaikan Sholat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Taubat dan Shalat Sunnah lainnya, memperbanyak membaca Dzikir disetiap Pagi Petang di Bulan Ramadhan, meminta dan memohon dengan membaca Doa Mendapatkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan kepada Alloh Swt dan amalan atau ibadah lainnya yg dilakukan di Bulan Ramadhan.

Bacaan Doa Lailatul Qadar dan Terjemahan Lengkap

doa mendapatkan malam lailatul qadar

Bacaan Doa Lailatul Qadar dan Terjemahan Lengkap diatas bisa kalian bacakan disetiap Malam di Bulan Ramadhan ataupun bisa diamalkan oleh kalian setelah melaksanakan Shalat baik itu Shalat Wajib Lima Waktu, Shalat Sunnah Tarawih di Malam Bulan Ramadhan dan Shalat Sunnah lainnya karena Bacaan Doa Mendapatkan Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan tersebut tlah diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad Saw kepada Aisyah Ra yg dijelaskan didalam Hadist Shahih At Tirmidzi dan Ibnu Majah bahwa Aisyah berkata, ” Saya pernah bertanya kepada Nabi Muhammad Saw bahwa jika saja ada disuatu hari yg saya tahu bahwa malam atau hari itu adalah Lailatul Qadar, maka doa apa yg mesti aku ucapkan atau bacakan ). Lalu Nabi Muhammad Saw menjawab, ” Berdoalah km dengan membaca : Allahumma innaka ‘ afuwwun tuhibbul ‘ afwa fa’fu’anni (HR. At Tirmidzi no 3513 dan Ibnu Majah no 3850) ”.

Kemudian Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar yg diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw kepada Aisyah Ra tentunya tlah saya buatkan dengan terjemahan lengkap dan Para Ulama juga sudah menganjurkan kepada setiap umat Islam (Muslim) untuk banyak2 membaca dan mengamalkan Doa Saat Malam Laitul Qadar itu di Bulan Ramadhan khususnya di Sepuluh Malam Bulan Ramadhan ataupun sangat baik jika diamalkan di Bulan – Bulan lainnya disetiap hari karena maksud dari Doa tersebut ialah Keutamaan meminta Ampunan, meminta Maaf dan ketundukan seorang hamba kepada Alloh Swt karena setiap Muslim tidak bisa luput dari dosa.

Kumpulan Doa Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Selain membaca Doa Memperoleh Malam Lailatul Qadar yg tlah diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw kepada Aisyah Ra yang dijelaskan didalam Hadist Shahih At Tirmidzi dan Ibnu Majah, anda juga bisa mengamalkan Bacaan Dzikir disetiap Waktu Pagi dan Petang Hari dan membaca Bacaan Dzikir Setelah Shalat baik Shalat Sunnah dan Shalat Wajib Lima Waktu seperti Dzikir Istighfar yang bertujuan untuk memohon ampunan kepada Alloh Swt atas semua dosa – dosa yg sudah pernah dibuat baik secara sengaja maupun tidak dan membaca Dzikir Takbir, Dzikir Tahmid, Dzikir Tahlil, Dzikir Tasbih serta Dzikir Shalawat Nabi Muhammad Saw yg mempunyai keutamaan dan manfaat dzikir sangat banyak yang salah satunya ialah untuk sarana mendekatkan diri seorang Muslim kepada Alloh Swt.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Adapun anda juga bisa membaca Doa Lailatul Qadar menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Daerah yg dibacakan setelah mengerjakan Shalat Fardhu Lima Waktu dan Shalat Sunnah seperti Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Lailatul Qadar dan Shalat Sunnah lainnya yg ada di Ajaran Islam dengan maksud untuk memohon ampunan kepada Alloh Swt dan sebagai suatu bentuk usaha meminta kepada Allah Ta’alaa untuk memperoleh atau mendapatkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan yg begitu istimewa dari Seribu Bulan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Bacaan Doa Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan | muhammad sakti | 4.5