Cara Mengerjakan Sholat Dhuha di Ajaran Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mengerjakan Sholat Dhuha secara lengkap karena Shalat Dhuha didalam Ajaran Islam merupakan salah satu Sholat Sunnah yang memiliki keistimewaan dan keutamaan banyak sehingga sangat menguntungkan sekali jika kalian sebagai seorang Muslim bisa mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha setiap harinya. Adapun untuk Hukum Mengerjakan Sholat Dhuha ini sudah tentu Sunnah dan maksud dari Hukum Shalat Dhuha Sunnah ini ialah akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Dhuha bagi setiap Muslim yg mengerjakannya, tetapi tidak akan mendapatkan apa – apa (Dosa) jika mereka tidak mengerjakannya sehingga sangatlah rugi jika kalian tidak mengerjakan Shalat Dhuha ini karena didalamnya sudah terdapat beberapa macam Manfaat Sholat Dhuha yang akan ditinggalkan oleh anda semua.

Untuk Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha sudah banyak dijelaskan oleh Hadist – Hadist yg Shahih seperti salah satunya yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, ” Siapa saja yg dapat melaksanakan Shalat Dhuha dg langgeng maka akan diampuni dosanya oleh Alloh Swt, walaupun Dosa nya tersebut sebanyak busa di lautan (HR. Turmudzi) ”. Kemudian didalam Hadist Qudsi bahwa Rasululloh Saw bersabda Alloh Swt berfirman, ” Wahai anak adam jangan sekali – kali kalian Malas mengerjakan Empat Raka’at Shalat Dhuha karena dg shalat tersebut maka aku akan cukupkan kebutuhanmu pd sore harinya (HR. Hakim dan Thabrani) ”. Sedangkan Keistimewaan Mengerjakan Sholat Dhuha selanjutnya yg diterangkan didalam Hadist Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Barang siapa yg mengerjakan Shalat Dhuha sebanyak Dua Belas Raka’at maka Alloh Swt akan membuatkan untuknya Istana didlm surga (HR. Abu Majah dan Tirmidzi) ”.

Sabda Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Muslim berbunyi, ” Pd setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi, setiap membaca Tasbih adlh sedekah, setiap membaca Tahmid adlh sedekah, setiap membaca tahlil adlh sedekah, setiap membaca takbir adlh sedekah, amar bil ma’ruh adlh sedekah dan nahi ‘anil munkar adlh sedekah. Namun itu semua dpt terpenuhi dg Shalat Dua Raka’at yg dilakukan diwaktu Dhuha (HR. Muslim, No 1181) ”. Jika melihat Hadist – Hadist Shahih diatas maka sudah jelas bahwa didalam Shalat Dhuha sudah banyak keutamaan dan keistimewaan yang dapat diperoleh oleh siapa saja yg mengerjakannya, apalagi Shalat Dhuha juga dikatakan sebagai salah satu usaha untuk meminta bantuan kepada Alloh agar selalu diberikan Rezeki yang melimpah dan banyak sehingga ada baiknya jika kalian mulai dari sekarang rajin mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha ini dipagi hari karena walaupun Sunnah tetapi akan mendapatkan pahala dan manfaat yg banyak bagi kalian sendiri.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Doa, Niat dan Cara Mengerjakan Sholat Dhuha di Islam

tata cara mengerjakan sholat dhuha di ajaran islam

Adapun didalam Cara Menunaikan Sholat Dhuha ini dapat dilakukan dengan Jumlah Raka’at Minimal Dua Raka’at dan Maksimal bisa sampai Dua Belas Raka’at yang dilakukan dengan masing – masing Dua Raka’at Satu Salam sehingga anda sebagai seorang Muslim bisa mengerjakan Shalat Dhuha ini dengan jumlah Dua Raka’at Satu Salam, Empat Raka’at Dua Salam, Delapan Raka’at Empat Salam maupun Dua Belas Raka’at Enam Salam. Untuk Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha ini sendiri dapat dikerjakan setelah masuk waktu Dhuha yaitu waktu dimana Matahari sdh mulai naik kurang lebihnya 7 (Tujuh) Hasta sejak terbitnya sampai masuk waktu shalat dhuhur dan jika dijelaskan secara lebih sederhana bahwa Waktu Dhuha tersebut datang sekitar Jam Tujuh Pagi sampai masuk waktu shalat Dhuhur sehingga anda sebagai seorang Muslim bisa mengerjakan Sholat Sunah Dhuha ini sekitar Jam Tujuh Pagi hingga sebelum Sholat Dhuhur.

Bacaan Niat Sholat Dhuha Terlengkap

niat sholat dhuha di ajaran islam lengkap

Kemudian untuk Langkah – Langkah Mengerjakan Sholat Dhuha Dua Raka’at ini dilakukan dengan awalan membaca Niat Shalat Dhuha yang dilanjutkan melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram dg membaca Allohu Akbar (Takbir), lalu diteruskan membaca Doa Iftitah dan dilanjutkan membaca Surat Al Fatihah pada Raka’at Pertama yang langsung diteruskan membaca Suratan satu kali pada Raka’at Pertama. Adapun untuk Suratan Raka’at Pertama Sholat Sunnah Dhuha ini bisa anda memilih salah satu Suratan untuk dibaca yang antara lain Surat Al Waqi’ah / Surat Al Kafirun / Surat Quraisy / Surat Al Ikhlas / Surat Ad Duha / Surat Asy Syams karna Suratan tersebut merupakan Suratan yg paling diutamakan untuk dibaca oleh kalian saat mengerjakan Shalat Dhuha. Setelah anda memilih membaca salah satu Suratan tersebut maka bisa anda lanjutkan dg melakukan Gerakan Sholat Ruku, Itidal, Sujud Pertama, Duduk diantara Dua Sujud, Sujud Kedua dan berdiri lagi untuk mengerjakan Shalat Dhuha pada Raka’at Kedua.

Sedangkan untuk Tata Cara Sholat Dhuha pada Raka’at Kedua ini langsung membaca Surat Al Fatihah dan setelah itu membaca Suratan Al Waqi’ah / Surat Al Kafirun / Surat Quraisy / Surat Al Ikhlas / Surat Ad Duha / Surat Asy Syams, pilih salah satu Surat untuk dibacakan pada Raka’at Kedua dan Suratan yang tadi dibacakan didalam Raka’at Pertama tidak boleh dibaca ulang didalam Raka’at Kedua. Setelah itu bisa anda lanjutkan dg melakukan Gerakan Sholat Ruku, Gerakan Sholat Itidal, Gerakan Sholat Sujud Pertama, Gerakan Sholat Duduk diantara Dua Sujud, Gerakan Sholat Sujud Kedua dan Gerakan Sholat Tahiyat Akhir yang nantinya dilanjutkan dengan Salam pada Raka’at Kedua atau Terakhir.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap

bacaan doa setelah shalat dhuha terlengkap

Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha diatas tentunya dibacakan setelah anda selesai mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha Dua Raka’at dipagi hari dan sebaiknya sebelum anda membaca doa tersebut, ada baiknya kalian membaca Bacaan Dzikir Shalawat Nabi Muhammad Saw, Dzikir Istighfar, Dzikir Tahmid, Dzikir Tahlil dan Dzikir Takbir terlebih dahulu sebanyak yang kalian bisa dan ikhlas karena Keutamaan Berdzikir sendiri sangatlah banyak dan salah satunya seperti dituangkan didalam Hadist Riwayat Muslim No 1181 yg sudah dituliskan diatas bahwa membaca Dzikir Shalawat, Tahmid, Tasbih dan Tahlil merupakan Sedekah dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Alloh Swt.

Sehingga anda sebagai seorang Muslim harus selalu membaca Dzikir setelah mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha ataupun Shalat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah lainnya agar selalu diberikan perlindungan oleh Alloh Swt. Kemudian sebagai tambahan saja bahwa anda juga bisa membaca Doa Setelah Mengerjakan Sholat Dhuha lainnya seperti membaca Doa dengan Bahasa Indonesia untuk memohon diberikan keselamatan, kesehatan dan dimudahkan Rezeki oleh Alloh Swt karena Sholat Sunnah Dhuha merupakan salah satu Sholat yang dapat dikerjakan oleh setiap Muslim untuk memohon kepada Alloh untuk selalu diberikan Rezeki Banyak dan melimpah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Cara Mengerjakan Sholat Dhuha di Ajaran Islam | muhammad sakti | 4.5