Tata Cara Mengerjakan Shalat Jumat di Ajaran Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Cara Mengerjakan Shalat Jumat – Pembahasan tentang Shalat Jumat sendiri adalah salah satu Shalat Fardhu Ain didalam Ajaran Islam yg dikerjakan dengan Jumlah Raka’at Dua Rakaat dan dilakukan pada waktu shalat dhuhur dihari Jum’at yang dikerjakan sebagai pengganti Shalat Dhuhur. Adapun untuk Hukum Mengerjakan Shalat Jumat ini adalah Fardhu Ain dan Hukum Shalat Jum’at Fardhu Ain tersebut mempunyai pengertian sebagai salah satu Sholat Dua Raka’at yg Wajib dilakukan atau dikerjakan oleh kalian sebagai seorang Muslim Laki – Laki Dewasa (Baligh) yg Berakal dan bukan merupakan Musafir atau sedang melakukan perjalanan jauh karena anda akan mendapatkan Pahala dan juga Keutamaannya jika mengerjakannya, tetapi akan berdosa jika meninggalkan Sholat Jum’at ini.

Kemudian untuk Orang – Orang yang Wajib Mengerjakan Sholat Jum’at ini antara lain Laki – Laki Baligh atau cukup umur yang berakal dan merdeka, tidak dalam melakukan perjalanan Jauh atau Musafir dan tidak mempunyai halangan apapun, lalu Orang – Orang Yang Tidak Wajib Mengerjakan Shalat Jum’at ini antara lain seorang Budak, sedang melakukan perjalanan jauh (Musafir), Anak Kecil, Orang Gila, Orang yg sedang sakit Wanita dan tertidur Pulas. Sedangkan Hukuman bagi orang yg tidak mengerjakan Shalat Jum’at tentunya akan mendapatkan dosa dan akan ditutup hatinya yg menyebabkan terhalangnya rahmat dan hidayah bagi mereka yg tidak mengerjakan Shalat Jum’at berturut – turut sebanyak tiga kali serta dianggap sebagai orang Munafik yg tak menganggap Islam sebagai Agamanya jika dia benar – benar lalai tidak menunaikan Sholat Jum’at ini.

Karena Perintah mengerjakan Shalat Jum’at ini telah dituangkan didlm Al Qur’an Surat Al Jumu’ah ayat : 9 yg berbunyi, ” Wahar orang2 yg beriman jika km diseru untuk menunaikan Shalat pd hari Jum’at maka bersegeralah mengingat Alloh Swt dan tinggalkanlah jual beli kalian dan itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahuinya (QS Al – Jumu’ah, Ayat : 9)”. Sedangkan Nabi Muhammad Saw pun bersabda dlm Hadist Shahih yg diriwayatkan oleh Abu Daud dan Al Hakim berbunyi, ” Sholat Jum’at itu wajib hukumnya bagi setiap Muslim dan ditunaikan atau dikerjakan secara berjamaah kecuali Empat Golongan yg tak diwajibkan mengerjakan Sholat Jum’at yaitu Wanita, Budak, Anak Kecil dan Orang yg sd menderita Sakit (Hadist Riwayat. Abu Daud dan Al Hakim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat dan Cara Mengerjakan Shalat Jumat Lengkap

cara mengerjakan shalat jumat di ajaran islam

Untuk Cara Mengerjakan Shalat Jum’at sendiri dilakukan dengan Jumlah Dua Raka’at yang didahului dulu oleh Dua Khutbah dan Waktu Mengerjakan Shalat Jumat dilakukan pada saat masuk Waktu Shalat Wajib Dhuhur dihari Jum’at karena bisa dikatakan bahwa Shalat Jum’at ini dikerjakan untuk mengganti Shalat Dhuhur dihari Jum’at. Adapun untuk Syarat Sah Shalat Jum’at sendiri meliputi tempat mengerjakan Shalat Jumat harus ditentukan dan bisa dilakukan di area terbuka maupun di Masjid, dikerjakan saat masuk waktu shalat dhuhur, sebelum mengerjakan Sholat Jum’at Dua Raka’at didahului dulu oleh Dua Khutbah dan dikerjakan secara berjamaah dg jumlah orang sekurang – kurangnya sebanyak 40 Orang Jamaah Laki – Laki. Hal tersebut seperti diterangkan oleh Mazhab Imam Syafi’i yg mengatakan bahwa Sholat Jum’at dikerjakan minimal berjumlah Empat Puluh Orang dg alasan melihat Hadist Riwayat Abu Dawud dan didalam Mazhab Imam Aw Za’i sendiri menyatakan minimal jumlah Jamaahnya sebanyak Dua Belas Orang dg alasan melihat Hadist Riwayat Thabrani.

Kemudian Tata Cara Shalat Jumat Dua Raka’at ini dilakukan setelah mendengarkan Dua Khutbah Jum’at yg dibacakan setelah Adzan Shalat Jum’at dikumandangkan, lalu anda sebagai Jamaah bisa mengerjakan Shalat Sunnah Jum’at Dua Raka’at dan duduk berdiam diri dg mendengarkan Dua Khutbah yg dibacakan secara seksama sampai selesai. Setelah itu Iqamah Shalat Jum’at dikumandangan dan barulah anda berdiri untuk mengerjakan Shalat Jum’at secara berjamaah yg dipimpin oleh Imam Shalat Jum’at. Lalu untuk Langkah – Langkah Mengerjakan Shalat Jumat sendiri diawali dg membaca Niat Sholat Jum’at dan diakhiri dengan salam pada Raka’at Kedua (Raka’at Terakhir), sedangkan untuk Gerakan Shalatnya sendiri masih sama seperti mengerjakan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah Dua Raka’at lainnya.

Bacaan Niat Shalat Jumat Lengkap

niat shalat jum'at sebagai imam terlengkap

Bacaan Niat Mengerjakan Shalat Jumat Dua Raka’at diatas dibacakan oleh kalian yg bertindak sebagai Imam Shalat Jum’at dan tentunya sudah saya lengkapi dg terjemahan latin serta bahasa indonesia agar memudahkan kalian dlm membacanya, sedangkan untuk Niat Shalat Jum’at sebagai Makmum sudah saya buatkan dibawah ini lengkap dg terjemahan indonesia dan latinnya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Sholat Jum'at sebagai makmum lengkap

Jika kalian sebagai Makmum tinggal mengikuti Gerakan Sholat yg dilakukan oleh Imam Shalat saat mengerjakan Shalat Jum’at sampai salam pada Raka’at Kedua. Kemudian untuk Doa Setelah Shalat Jumat bisa kalian amalkan Surat Al Fatihah, Surat Al Ikhlas dan Surat Al Falaq ataupun doa menurut hajat atau permintaan kalian yang dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia karena perlu kalian ketahui bahwa salah satu waktu mustajab dikabulkan suatu doa oleh Alloh Swt ialah saat hari jum’at dan setelah mengerjakan Sholat Jum’at sehingga ada baiknya jika kalian berdoa dg khusyu menurut hajat kalian setelah selesai mengerjakan Sholat Jum’at dan perbanyaklah membaca Dzikir seperti Istighfar, Tahmid, Tahlil sampai Sholawat Nabi Muhammad Saw sebanyak – banyaknya karena Dzikir salah satu sarana untuk memohon perlindungi dan mendekatkan diri kalian kepada Alloh Swt.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Tata Cara Mengerjakan Shalat Jumat di Ajaran Islam | muhammad sakti | 4.5